Review Spesifikasi Hands On Huawei P30 Pro, HP dengan Fitur Zoom Sampai 50 Kali

Salah satu hal paling menarik dari HP baru Huawei P30 Pro ini adalah smartphone tersebut ternyata memiliki fitur unggulan soal kameranya, yakni fitur zoom sampai 50 kali. Ya, pada dasarnya seperti yang kita tahu bersama bahwa Huawei sudah sejak dulu selalu memberikan keunggulan di sektor kameranya, khususnya untuk jajaran P Series mereka, tak terkecuali untuk Huawei P30 Pro ini.

Sejak hadirnya seri P9, Huawei sampai sekarang masih terus meningkatkan kemampuan kamera pada P Series. Salah satu bukti dari inovaasinya adalah pada saat mereka bekerjasama dengan merek atau brand kamera ternama asal Jerman, Leica untuk bersama – sama kembangkan sektor kamera untuk dapatkan hasil jepretan yang lebih bagus lagi.

Jika dibandingkan dengan seri terdahulu, Huawei P20 Pro, smartphone Huawei P30 Pro ini memiliki beragam keunggulan dan fitur terbaru hasil perpaduan teknologi Leica dengan Huawei. Selain mengenai kamera, tentu saja masih ada beberapa hal bagus lainnya yang jadi keunggulan smartphone Huawei P30 Pro.

Review Spesifikasi Hands On Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro

Jika dilihat dari segi desain, smartphone Huawei P30 Pro ini bisa dikatakan menjadi salah satu smartphone tercantik di dunia. Sebab, Huawei memberikan sentuhan premium, berkelas, dan juga mahal di tiap – tiap lekukan body P30 Pro. Misalnya saja di bagian depannya ada layar berukuran 6.47 inch yang berjenis OLED yang melengkung sempurna di sisi kiri dan kanan. Layar yang beresolusi Full HD+ tersebut memiliki aspek rasio 19.5 : 9.

Selain itu layar pada smartphone ini juga sudah mendapat dukungan teknologi HDR 10 yang bisa tampilkan konten dengan warna yang lebih detail dan tajam. Mirip Huawei Mate 20, HP tersebut juga memiliki poni yang berukuran cukup kecil sekali di bagian atasnya yang diberi nama sebagai dewdrop notch yang juga melengkapi desain bagian depan pada Huawei P30 Pro.

Menariknya, Huawei P30 Pro ini juga memiliki body yang diberi lapisan bahan kaca dengan frame aluminium. Body tersebut diberi lapisan warna yang lebih berkelas, namanya Breathing Crystal. Hal paling menari dari body smartphone ini adalah selain warnanya juga ada frame tiga kamera yang diletakkan di bagian sudut kiri atas body bersamaan dengan LED Flash serta lensa ToF.

Lalu jika berbicara lebih jauh lagi mengenai hardware, Huawei P30 Pro masih pakai prosesor yang sama di seri Mate 20, yakni prosesor Octa Core 2 x 2.6GHz Cortex A76 dan 2 x 1.92GHz Cortex A76 dan 4 x 1.8GHz Cortex A55, HiSiLiCon Kirin 980.

Meksipun demikian, konfigurasi RAM maupun ROM hingga barterainya berbeda. Huawei P30 Pro punya RAM 8GB, ROM 256GB, dan baterai berkapasitas 4200 mAh yang mendapat dukungan Fast Charging 40W, Fast Wireless Charging 15W, serta Reverse Wireless Charging. Lalu mengenai kameranya sendiri smartphone ini benar – benar pas banget untuk kebutuhan fotografi sebab kamera yang tersemat pada Huawei P30 Pro totalnya ada 5 kamera.

Satu kamera di depan berlensa 32MP yang disematkan di poni atau notch yang berdesain dewdrop. Dan empat buah kamera lagi ada di bagian belakang yang disebut sebagai Leica Quad Camera System. Sensor 40MP dengan Aperture f/1.6 dengan lensa Wide Angle sebagai lensa utamanya.

Kamera satu ini mendapat dukungan pula oleh teknologi Huawei SuperSpectrum Sensor dan Optical Image Stabilization atau OIS. Sebagai lensa Ultra Wide, HP tersebut punya sensor 20MP dengan Aperture f/2.2. Lalu ada pula sensor 8MP yang merupakan lensa Telephoto dengan teknologi SuperZoom Lens yang bisa mendukung Optical Zoom 5x, Hybrid zoom 10x, dan Digital zoom 50x.

Lalu yang terakhir ada lensa ToF atau yang juga disebut dengan Time of Flight untuk kebutuhan foto bokeh yang kekinian. Secara default, kamera pada smartphone Huawei P30 Pro ini mampu menangkap gambar dengan resolusi 10MP, bukannya 40MP. Sebab sebetulnya pengguna bisa aktifkan mode 40MP dengan satu konsekuensinya, yakni fitur SuperZoom Lens tidak bisa dipergunakan.

Meskipun demikian, yang namanya pengaturan default tentu saja tetap jadi pilihan terbaik yang diberikan untuk pengguna. Karena pengaturan default di kamera Huawei P30 Pro ini tetap memberikan foto dengan kualitas yang bagus dan dengan detail yang baik serta tajam.

Jadi pada saat melakukan pengambilan gambar, maka sistem akan memampatkan foto 40MP jadi 10MP. Selain itu, kamera ini juga dibantu oleh teknologi Master AI yang dapat memberikan pengaturan yang paling pas untuk skenario foto yang akan diambil. Selain itu juga ada teknologi lainnya yang bernama Huawei SuperSpectrum Sensor di lensa utama Huawei P30 Pro. Teknologi tersebut adalah teknologi sensor terbaru dengan konfigurasi RYYB.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang review spesifikasi Hands On Huawei P30 Pro. Semoga bermanfaat.