Review ROG Phone vs Black Shark 2, Ketahui Siapa yang Jadi Raja HP Gaming di 2019

Asus kembali lagi membuat gebrakan baru dengan meriliskan sebuah smartphone hebatnya. Vendor yang berasal dari Taiwan tersebut meriliskan smartphone gaming terbarunya yang diberi nama sebagai “ROG Phone”. Asus ROG Phone ini bahkan digadang – gadang akan jadi pesaing berat dari smartphone gaming lainnya yang dibuat oleh Black Shark, sebuah perusahaan yang didanai oleh Xiaomi. Walaupun terbilang kurang tepat, tapi kenyataannya ada banyak yang menyebutkan bahwa perangkat yang juga bernama Black Shark tersebut sebagai Xiaomi Black Shark 2.

Review ROG Phoe vs Black Shark 2, Ketahui Siapa yang Jadi Raja HP Gaming di 2019

Lalu seperti apa sih spesifikasi antara ROG Phone dengan Black Shark 2? Mana nih yang menurut Anda lebih kuat dan pantas jadi raja HP gaming di tahun 2019? Mari temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.

Review ROG Phone vs Black Shark 2

Desain

Jika berbicara mengenai segi desainnya sendiri, kedua smartphone ROG Phone maupun Black Shark 2 ternyata sama – sama memiliki desain yang keren dan kekinian, bahkan tidak umum. Bentuk dari kedua smartphone ini tak hanya sekadar candybar saja dengan bagian permukaan yang dibuat lurus dan mulus. Smartphone gaming Xiaomi Black Shark 2 ini memiliki bentuk yang sedikit melengkung ke bagian belakang. Desain yang seperti ini wajar mengingat Black Shark 2 dapat dipasangkan dengan controller tambahan. Bentuk yang seperti ini bahkan kemungkinkan akan hadir secara khusus untuk akomodir kebutuhan tersebut.

Baca juga:  Daftar HP Kamera Terbaik Cocok Untuk Pecinta Selfie

Lalu pada Asus ROG Phone sendiri juga tampil dengan desain yang lebih cantik, elegan, dan menawan. Di bagian belakang body smartphone dibuat melengkung. Kemudian di bagian tengahnya sendiri Anda bisa melihat ada logo Asus. Bisa dibilang, baik itu desain dari Asus ROG Phone maupun Xiaomi Black Shark 2 sama – sama keren.

Layar

Smartphone Xiaomi Black Shark 2 ini menggunakan layar yang berjenis IPS LCD, dengan ukuran 5.99 inch. Layar tersebut bahkan mendapat dukungan resolusi Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel dengan aspek ratio 18 : 9. Selain itu juga ada pula kemampuan 97 persen DCI P3.

Sementara itu pada Asus ROG Phone sedniri hadir dengan layar 6 inch dengan resolusi Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel. Mekipun demikian, layar pada smartphone Asus ROG Phone ini masih bisa dibilang unggul jauh daripada Xiaomi Black Shark 2. Layar yang dipakainya adalah Amoled, tawarkan gambar yang lebih jernih dan tajam jika dibandingkan dengan layar LCD. Menariknya lagi, layar pada smartphone Asus ROG Phone ini juga dibekali dengan kemampuan 90 Hz Refresh Rate serta waktu respons 1 ms. Selain itu juga ada pula dukungan HDR. Layar pada smartphone ini bahkan mendapat dukungan perlindungan kaca Corning Gorilla Glass 6.

Baca juga:  (Update 2019) Inilah Smartphone Terbaik dengan Radiasi Tertinggi dan Terendah

Spesifikasi internal

Jika dilihat dari segi spesifikasinya sendiri, sebetulnya kedua smartphone untuk gaming tersebut sama – sama memiliki jeroan yang mantap dan mirip. Hanya saja pada Asus ROG Phone sendiri sedikit lebih kuat. Ponsel tersebut sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 845 yang memiliki kecepatan hingga 2.93GHz. Sementara itu untuk Xiaomi Black Shark 2 sendiri mendapat dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 845 dengan kecepatan 2.8GHz.

Pada Asus ROG Phone ini bahkan dibekali pula dengan RAM berkapasitas 8GB dan memori internal sebesar 512GB. Xiaomi Black Shark 2 sendiri juga memiliki varian dengan RAM berkapasitas 8GB, tetapi untuk memori penyimpanan internalnya lebih kecil, yakni 128GB. Kedua smartphone tersebut sama – sama dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Lalu dari segi pendinginannya, Xiaomi Black Shark 2 bergantung pada sistem pendinginan yang berbasis liquid. Kemudian untuk Asus ROG Phone sendiri memiliki sistem pendingin yang berbasis vapor chamber.

Baca juga:  Daftar Kamera Saku Terbaik Untuk Anda yang Hobi Motret

Kamera

Walaupun membawa nama smartphone gaming terbaik, akan tetapi kedua perusahaan sudah membekali smartphone ini dengan kamera kekinian. Asus ROG Phone sendiri hadir dengan kamera ganda, yakni 12MP + 8MP di bagian belakang. Sementara itu untuk bagian depannya sendiri Anda akan temukan kamera beresolusi 8MP. Di atas kertas, Xiaomi Black Shark 2 hadir dengan kamera yang jauh lebih bagus. Kamera utama yang dimilikinya yakni 12MP f/1.75 + 20MP f/1.75. Lalu di bagian depan ada kamera dengan resolusi 20MP f/2.2.

Harga

Smartphone Xiaomi Black Shark 2 ini ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari Asus ROG Phone. Produk tersebut dilepaskan dengan harga sekitar Rp 8 juta rupiah di pasar Tiongkok, sementara itu di Indonesia sendiri Anda masih bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 12 juta rupiah. Lalu untuk Asus ROG Phone sendiri masih belum umumkan kisaran harga untuk pasar Indonesia, tetapi diprediksi smartphone ini akan dijual dengan harga sekitar Rp 8 – 10 juta rupiah.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang review ROG Phone vs Black Shark 2. Semoga bisa bermanfaat.