Tips

Simak Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum

Di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis provider. Ini dapat membantu dalam memaksimalkan fungsi telepon genggam sehingga bisa berkomunikasi maupun melakukan hal lainnya.

Provider XL mempunyai voucher yang berguna untuk menambah paket data atau nomor baru. Namun, pengguna harus tahu cara cek voucher xl sudah terpakai atau belum. Penggunaan voucher dirasa lebih memudahkan karena pengguna bisa mengisikan sendiri ke dalam hp dengan mudah.

Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum dengan Panggilan

XL merupakan salah satu provider terpopuler di Indonesia. Pengguna tersebar hingga berbagai daerah. Ada banyak tawaran paketan untuk internet dengan harga beragam. Konsumen dapat membelinya dalam bentuk chip dompul.

Setelah itu, bisa menggosok hologramnya supaya mengetahui kode untuk kemudian dilakukan registrasi. Untuk mengecek apakah masih aktif, simak caranya berikut.

1. Cek Melalui Panggilan Telepon

Metode pertama untuk melakukan pengecekan adalah melalui panggilan telepon. Dalam hal ini, Anda bisa melihatnya atau mengeceknya sendiri tanpa membutuhkan bantuan penjaga konter. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka HP
  • Pilih menu panggilan
  • Ketikkan *151*5*7*2#
  • Isikan kode voucher XL yang terletak di bagian samping hologram
  • Klik OK/Panggil
  • Tunggu balasan dari server selama beberapa saat
  • Informasi akan muncul di bagian paling bawah dari replay

Apabila vouchernya masih aktif atau bisa diisikan ke handphone, maka akan muncul tulisan seperti ini : “Masih dapat digunakan 122151278911. Dengan demikian, Anda bisa melakukan registrasi pengisian setelahnya.

Apabila produk masih berlaku, maka paket data tersebut akan masuk ke dalam nomor Anda serta dapat digunakan untuk berbagai aktivitas internet.

Apabila voucher tersebut ternyata pernah digunakan, maka jawaban dari server akan mengatakan seperti ini ‘Xtra Combo Lite 10GB Sudah Pernah Ditransfer’. Bentuk format balasan mungkin saja berbeda tergantung dari kebijakan servernya.

Baca juga:  Daftar Smartphone yang Paling Susah Diperbaiki, Gak Layak Kamu Beli!

2. Cek Dengan Membaca Kode Replay

Cara berikutnya adalah melalui pembacaan kode replay. Setelah mendapatkan balasan dari pengecekan metode di atas, maka pengguna bisa mengetahui tanggal berlakunya dengan membaca kode balasannya.

Sebagai contoh 122151278911. Kode tersebut bukan hanya nomor acak belaka, tetapi menyimpan makna tersembunyi tentang batas penggunaan.

Untuk bisa membacanya, Anda bisa menerapkan rumus berikut iniĀ  XXYYXXDDXXMM dengan keterangan seperti di bawah ini:

  • YY : Menandakan ‘Year’ atau Tahun
  • DD : Menandakan ‘Day’ atau Tanggal
  • MM : Menandakan ‘Month’ atau Bulan

Dengan demikian, caranya untuk membaca kode voucher di atas adalah 122151278911 dengan keterangan sebagai berikut:

  • 21 : Artinya Tahun 2021
  • 27 : Artinya Tanggal 27
  • 11 : Artinya Bulan 11/November

Voucher tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa mempunyai masa aktif atau masih bisa digunakan hingga 27 November 2021. Apabila waktu Anda membelinya jauh dari batasan tersebut, maka dapat memasukkan kodenya serta dapatkan paket datanya.

Cara Cek Voucher XL Sudah Terpakai atau Belum dengan Melihat Fisiknya

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa mengecek dengan memperhatikan kondisi fisiknya. Setelah membeli, sebaiknya jangan langsung memasukkan atau melakukan registrasi.

Kejadian voucher sudah terpakai sering sekali terjadi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan bagian dari vouchernya seperti berikut.

1. Lihat Kode Vouchernya

Dalam membeli paket data atau kartu berupa voucher juga sering ditemukan penipuan. Dengan demikian, pengguna wajib jeli dan perhatian dengan memilih konter terpercaya.

Salah satu cara mengecek apakah itu merupakan voucher asli/palsu, pembeli dapat melakukan pemeriksaan dengan melihat kodenya. XL Dompul mempunyai jumlah digit sebanyak 16 atau bisa berubah-ubah.

Baca juga:  Harga HP Foldable Murah Terbaru 2019 yang Harus Dimiliki di 2019

Lakukan pengecekan dengan melihat kondisi fisiknya kemudian hitunglah jumlah digitnya. Oleh karenanya, sebelumnya, Anda harus menggosok hologram yang tersedia.

Jika total angka di dalamnya sudah benar, maka berarti itu merupakan produk asli atau bukan palsu. Pembeli juga dapat melihat info di internet atau menanyakannya langsung kepada penjual tentang hal ini.

Total digit atau angka di dalam voucher XL menjadi hal penting untuk diketahui. Semakin banyaknya pengguna, membuat banyak oknum tidak bertanggung jawab melakukan pemalsuan.

Itu dapat berdampak kepada banyak hal yang mampu merugikan konsumen. Oleh karenanya, pastikan selalu waspada serta pilihlah penjual terpercaya.

Cek Kondisi Hologram Sebelum Memasukkan Voucher

2. Cek Kondisi Hologram

Masih berkaitan dengan kode, pemeriksaan melihat kondisi fisiknya juga dapat dilakukan dengan memperhatikan hologramnya. Ini merupakan bagian yang berisi kode dimana pembeli harus menggosoknya terlebih dahulu supaya kodenya muncul sehingga dapat terbaca.

Pada kasus ini, Anda wajib memastikan kondisi dalam bentuk utuh. Voucher dari provider XL yang beragam isinya terdapat hologram yang utuh dalam kondisi baru. Maka dari itu, pengguna bisa melihatnya secara langsung.

Mengetahui apakah sudah digunakan atau belum, bentuk hologramnya tidak tergores sama sekali sehingga tidak ada angka terbuka satu pun. Selain itu, kondisinya juga bagus tanpa ada kerusakan di berbagai sisi.

Metode ini bisa dianggap paling mudah dan cepat dalam mengidentifikasi keadaan voucher masih baru atau belum terpakai sama sekali. Jika 98% keadaannya utuh tanpa ada kekurangan berarti, dipastikan masih bisa diisikan ke kartu XL Anda.

Namun apabila sebaliknya, hologram telah tergosok, kemungkinan besar itu sudah dipakai oleh pengguna lainnya.

3. Ketahui Tanggal Kadaluarsanya

Untuk mengetahui kondisi dompul berupa voucher dari XL secara fisik selanjutnya adalah dengan melihat tanggal kadaluarsanya. Berbeda dari metode melihat masa aktif melalui pengecekan kode balasan, kali ini Anda bisa langsung mengeceknya saat membeli.

Baca juga:  8 Aplikasi Edit Foto Menghilangkan Objek Terbaik di Smartphone

Pada voucerhenya, biasanya tertulis masa expired secara jelas di bagian depan atau belakang. Ini merupakan metode mudah dari pembacaan masa aktif melalui balasan. Anda tidak perlu membaca kode-kode yang tersedia sehingga cukup tricky.

Untuk metode tersebut, cukup cek kondisi fisiknya lalu temukan masa expirednya secara langsung, misalkan di sana akan tertulis ’27 November 2021′ di kolom ‘Masa Aktif’.

Apabila Anda baru pertama kali membelinya serta tidak tahu posisi dari tanggal kadaluarsa penggunaan, maka mintalah petunjuk dari penjaga konter. Mereka akan memberikan arahan tentang di mana letak masa aktif tersebut berada.

Penjual jujur serta berkualitas, pasti tidak akan menjual produk expired kepada para konsumennya.

Apa itu Dompul?

Dompul merupakan dompet pulsa dimana menjadi salah satu bentuk penjualan paket data dari provider XL. Pengguna dapat membelinya dengan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan internet mereka.

Proses pengisiannya tergolong mudah sehingga dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu, harganya juga dijamin lebih terjangkau. Sebab provider ini memang tidak dikhususkan ataupun target pasarnya menengah keatas.

Jadi dari segi harga masih relatif terjangkau dan bisa dibilang sangatlah murah. Maka tidak heran apabila XL mempunyai banyak pelanggan dan user baru yang terus bertambah.

Itulah informasi mengenai cara cek voucher xl sudah terpakai atau belum. Calon pembeli harus melihat dan memperhatikan beberapa hal supaya terhindar dari berbagai penipuan penjualan vouchernya.

Melalui berbagai metode, Anda bisa memilih salah satu paling dianggap mudah atau menggabungnya semuanya sebagai langkah untuk memastikan keaslian produknya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button