Cara Mudah Ganti ROM Xiaomi Tanpa Bantuan Perangkat Komputer

HP Xiaomi menjadi salah satu produk smartphone yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Harganya yang murah, namun memiliki spesifikasi mantap menjadi alasan utamanya.

Loading...

Akan tetapi, dalam membeli produk tersebut Anda harus hati-hati agar tidak tertipu beli HP dengan ROM abal-abal. Apabila sudah telanjur, maka mau tidak mau pengguna harus cari cara ganti rom Xiaomi abal-abal menjadi global.

Apa itu ROM Distributor?

Seperti dikatakan sebelumnya, permasalahan paling umum terjadi pada merek HP ini adalah banyak barang yang dijual menggunakan ROM distributor atau abal-abal.

Hal itu karena saat Anda mendapatkan ROM abal-abal atau distributor, berbagai macam kendala mungkin bisa dialami pada saat menggunakan HP tersebut.

Bisa saja muncul iklan mengganggu, tidak bisa update MIUI, dan berbagai macam gangguan lainnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan ROM itu sendiri? Nah, pada bagian ini akan dibahas mengenai hal tersebut.

ROM atau Read Only Memory merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data file sistem dengan bentuk Chip-IC. Jadi, dapat dikatakan bahwa ROM ini merupakan sebuah file sistem dengan bentuk firmware-software yang berada di IC ROM perangkat HP.

Fungsinya kurang lebih sama seperti IC BIOS komputer yang bertugas melakukan pengaturan peripheral pada mainboard.

Pada saat Anda menggunakan jenis ROM distributor ini pada HP Xiaomi, akan muncul berbagai macam hal yang mungkin membuat penggunanya tidak nyaman.

Hal yang paling utama tentu pengguna tidak dapat untuk mengikuti update atau pembaharuan MIUI. Selain itu, beberapa aplikasi yang punya peran penting juga ada yang tidak dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga:  Review Samsung Galaxy A50 vs Galaxy A30, Mana yang Paling Unggul?

Kerugian Menggunakan ROM Abal-abal

Dikarenakan berbagai macam kerugian yang didapatkan, banyak orang juga menyebut ROM ini sebagai dengan kutukan. Hal itu tentu karena adanya banyak sekali kendala sistem yang muncul pada saat Read Only Memory tersebut digunakan.

Mungkin bagi pengguna yang tergiur dengan harga murah yang ditawarkan akan menyesal. Nah, berikut adalah beberapa kerugian lain saat Anda menggunakan ROM ini.

1. Banyak Iklan Mengganggu

Kerugian pertama yang bisa dialami oleh pengguna adalah banyaknya iklan mengganggu yang muncul.

Meskipun iklan tersebut tidak selalu muncul pada HP distributor ini, namun dari fakta yang ada kebanyakan HP Xiaomi distributor ini sudah disisipkan kode iklan di dalamnya oleh pihak penyalur.

Hal tersebut mereka lakukan tentu untuk meraup untuk dari iklan yang dipasang di dalamnya.

2. HP Mudah Panas dan Baterai Boros

Pada saat menggunakan HP abal-abal ini, pengguna akan merasakan bahwa perangkatnya akan mudah sekali overheat dan juga baterai yang digunakan cepat habis.

Hal seperti itu terjadi karena adanya modifikasi yang dilakukan oleh pihak penyalur. Semua perubahan tersebut membuat kinerja HP menjadi lebih berat sehingga konsumsi baterai menjadi lebih boros serta cepat mengalami panas.

3. Boros Kuota

Iklan di HP distributor ini juga dapat membuat kuota pengguna menjadi lebih cepat habis. Hal itu karena saat iklan muncul, kuota internet akan termakan. Jadi, jangan kaget jika kuota pengguna lebih cepat habis saat menggunakan HP seperti ini.

4. Fingerprint Error

Kerugian berikutnya adalah fingerprint smartphone dapat mengalami error. Bahkan lebih parahnya, fitur tersebut malah tidak bisa berfungsi sama sekali. Padahal, fitur fingerprint merupakan salah satu fitur menarik yang memudahkan pengguna dalam mengakses smartphone.

Baca juga:  Cara Screenshot HP Evercoss Semua Tipe dengan Mudah

5. Tidak Bisa Update MIUI

Pengguna juga dapat dirugikan karena tidak akan mendapatkan notifikasi update system resmi dari Xiaomi. Jadi, apabila Anda ingin update system, maka harus dilakukan secara manual menggunakan recovery system ataupun perangkat PC.

Cara Mengganti ROM HP Xiaomi

Untuk melakukan penggantian ROM ini, sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa digunakan. Namun, di kesempatan kali ini akan diberikan tutorial penggantian tanpa menggunakan bantuan dari komputer.

Jadi bagi Anda yang mungkin sedikit kurang mengerti soal perangkat komputer, menggunakan cara ini dapat menjadi pilihan tepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Download ROM di Website Resmi Xiaomi

Langkah pertama sebelum melakukan penggantian adalah download terlebih dahulu ROM terbaru dan resmi melalui website Xiaomi di https://c.mi.com/global/miuidownload/index. Pilihlah sesuai dengan series HP yang digunakan.

2. Download File ROM

Jika sudah menemukan yang sesuai dengan HP, langkah berikutnya Anda tinggal download saja. Pastikan hasil download tersebut tersimpan di memori internal atau phone storage.

3. Masuk Recovery Mode

Setelah itu, langsung saja masuk ke dalam recovery mode. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu Tools -> Updater -> pilih options -> pilih “Reboot to Recovery Mode”. Selanjutnya, HP akan secara otomatis melakukan boot dan Anda akan dibawa masuk ke menu Recovery Mode.

Saat masuk ke Recovery Mode, navigasi tidak menggunakan touch screen. Navigasi digantikan dengan menggunakan tombol volume up/down untuk menggerakan kursor ke atas dan ke bawah.

Sementara untuk menjalankan perintah menggunakan power button. Setelah masuk ke mode ini, Anda dapat pilih bahasa terlebih dahulu. Kemudian, pilih menu “Wipe & Reset”.

Baca juga:  Rekomendasi HP Gaming Murah dengan RAM 8GB, Harga Mulai 3 Juta Rupiah

Di bagian ini, perlu diperhatikan bahwa wipe yang dilakukan adalah pada user data dan juga cache saja. Jangan memilih menu “Wipe All Data” karena jika dilakukan dapat membuat semua file di HP termasuk ROM yang sudah diunduh sebelumnya ikut terhapus.

4. Install ROM

Pada saat proses Wipe Cache dan User Data berhasil, berikutnya Anda bisa kembali lagi ke halaman utama menu. Selanjutnya, pilihlah “Install ROM” to System -> pilih “YES”. Kemudian, proses instalasi update MIUI Global resmi akan segera dilakukan.

Tunggulah proses instalasi tersebut sampai benar-benar selesai dengan sempurna. Pastikan instalasi sudah mencapai angka 100%. Biasanya, pada saat sudah mencapai angka 99% menuju ke 100%, waktu yang dibutuhkan cukup lama.

Hal itu merupakan hal wajar, jadi jangan panik dan lanjutkan saja menunggu proses instalasi sampai 100%.

5. Reboot System

Setelah semua proses instalasi update sudah selesai, berikutnya pilih menu “Reboot” -> “Reboot to System”. Perintah tersebut akan membuat HP melakukan booting atau restart.

Proses ini biasanya memerlukan waktu tidak sebentar, jadi Anda perlu sedikit bersabar sampai proses booting berhasil dilakukan.

Pada saat HP Xiaomi sudah kembali menyala, tampilan Xiaomi resmi sudah bisa dinikmati. Selanjutnya, semua akses resmi terkait dengan HP Xiaomi sudah bisa Anda dapatkan.

Iklan mengganggu tidak akan muncul lagi dan HP juga bisa mendapatkan pemberitahuan update apabila memang masuk dalam daftar update.

Itulah tadi tutorial cara ganti ROM Xiaomi dengan mudah tanpa menggunakan bantuan PC. Dengan mengganti system ke versi global atau resmi, kini smartphone Anda sudah dapat digunakan dengan lancar tanpa mengalami berbagai macam kendala. Selamat mencoba!